28 March 2017

Membuat kompresor sendiri dari mesin bekas kulkas


Berawal dari keinginan punya kompresor, tapi gak punya bajet...haha...konyol sekali rasanya, dulu sebenarnya saya pernah punya kompresor teman-teman. eh gara-gara hobi jualan barang-barang laku juga tu kompresor kesayangan saya, tapi giliran butuh kompresor nyesel juga udah jual tu kompresor.pikir-pikir muter sana muter sini akhirnya tercetus juga pikiran pingin buat kompresor sendiri, kebetulan cuman punya modal kompresor bekas kulkas hasil tukar tambah...haha...sama tabung refrigeran (banyak orang menyebutnya dengan freon) bekas akhirnya nekat juga bikin kompresor nih....tapi Alkhamdulillah hasilnya memuaskan, multi fungsi lagi. fungsi pertama ya sebagai kompresor biasa bisa untuk untuk mompa ban, bersih-bersih perabot atau komputer di rumah dan fungsi kedua adalah untuk mesin vakum, mesin vakum untuk memvakum AC mobil, rumah ternyata bisa....wah...tambah seneng oe...ditambah lagi kelebihannya seneng banget kalo buat nglembur malam hari...suaranya tuh kayak kulkas alias hening banget, gak kayak kompresor biasa yang suaranya bikin bangun orang serumah. jadi saya menjulukinya dengan istilah SILENT COMPRESOR.
Baiklah tidak usah bertele-tele langsung saja komponen yang dibutuhkan:
1. Kompresor kulkas, bisa baru atau bekas yang penting masih berfungsi
Kompresor kulkas

 2. Tabung refrigeran kosong. orang-orang menyebutnya tabung freon. kalo yang ini bekas
Tabung Refrigeran/freon
3. Manometer sebagai indikator tekanan. Beli yang tekanan maksimalnya 150 Psi, karena kekuatan tabung ini kalau tidak salah maksimal ya 150 Psi. jadi mending beli yang ukurannya segitu biar lebih detail hasil ukurnya. punya saya kebesaran..hehe...waktu beli gak ada yang kecil.
Manometer
4. Otomatis kompresor. Berfungsi mengatur untuk mati atau hidupnya kompresor. jadi dengan alat ini kita bisa menentukan tekanan maksimal yang kita inginkan dalam tabung, jadi alat ini akan mengatur jika tekanan yang sudah kita tentukan tercapai maka kompresor akan mati dengan sendirinya. alat ini sangat penting karena untuk menjaga tekanan tetap terjaga dalam tabung dan tidak terlalu tinggi, sehingga akan aman jika dipakai. tidak takut meledak tabungnya kalau terlalu tinggi, karena sudah diatur dengan alat ini.
5. Sambungan-sambungan (gambarnya lihat yang udah rakitan ya belum sempat foto)
6. Stop kran (gambarnya lihat yang udah rakitan ya belum sempat foto)
7. Flashback atau katub antibalik (sifatnya mubah boleh ada atau tidak) saya sarankan ada, tapi kebetulan punya saya tidak ada...hehe...kehabisan dana.šŸ˜†. Alat ini berfungsi menjaga udara yang telah masuk tabung dipastikan tidak akan kembali ke kompresor lagi. Gambarnya bisa dicari sendiri di mbah google ya...
8.  Katup tekanan kompresor (sifatnya mubah boleh ada atau tidak) saya sarankan ada, tapi kebetulan punya saya tidak ada...hehe...sama dengan yang diatas kehabisan dana.šŸ˜†. Alat ini berfungsi sebagai pengaman jika tekanan udara pada tabung berlebih jadi alat ini akan membocorkan diri. jadi daripada tabung meledak pakai alat ini InsyaAlloh aman. Tapi kalau alat otomatis kompresor seperti pada nomor 4 sudah ada dan berfungsi dengan baik tidak masalah. Gambarnya bisa dicari sendiri di mbah google ya...

Nah sekarang kita rakit. eh sebelumnya jangan lupa di pasangkan sambungan-sambungan pada tabung kompresor dengan cara di las, termasuk kaki-kakinya supaya bisa terjaga posisinya.

Sambungan di las pada tabung
Kemudian rakit Otomatis kompresor dengan manomater dan stopkran dengan sambungannya. jangan lupa pakai solatip ya biar tidak bocor.
Rakitan otomatis, manometer,  dan stop kran
Nih penampakan rakitan sementara setelah

Kalau sudah pas lakukan pengecatan. dengan warna yang sesuai dengan selera...setelah kering rakit lagi komponen-komponennya jangan lupa pakai solatip juga ya... biar tidak bocor
Setelah dirakit dan ditambahkan beberapa komponen tambahan

Setelah dirakit dan ditambahkan beberapa komponen tambahan
Biar lebih manis..bisa ditambahkan stiker..Punya saya belum....Huuuh...alhasil kompresor bekerja dengan baik dan SUKSES.....

Oiya saya kasih hitungannya pengeluaran dan harga-harga komponen sekalian mau apa tidak...harga bisa berubah setiap saat dan tiap daerah bisa berubah. mudah-mudahan bisa dibuat gambaran atau perkiraan harga ya...
1. Kompresor  (bekas, bisa lebih murah atau mahal)      Rp. 200.000
2. Tabung bekas                                                                               Rp.   25.000
3. Otomatis Kompresor                                                                Rp.   77.500
4. Manometer                                                                                   Rp.   52.500
5. Sambungan-sambungan                                                          Rp.   38.500
6. Stop kran (biasa)                                                                         Rp.    7.500
    Biaya-biaya tambahan
7. Pylok / cat semprot                                                                   Rp.   22.000
8. Solatip                                                                                              Rp.    2.000
9. Biaya mengelas                                                                             Rp.  65.000      +
                                                                                                                 Rp. 490.000

Nah...itu tadi hasil hitungannya, Efisien atau tidak, kemahalan atau tidak, tergantung anda yang menilai. Saya hanya sharing hasil karya saya. mudah-mudahan bisa bermanfaa buat anda semua
Kalau ingin lebih jelas prosesnya bisa dilihat video youtube nya di bawah ini.

15 comments:

  1. Apakah tabung freon nya tidak meledak klo di las atau di gerinda??
    Selamat pagi mas admin..
    Ijinkan sy main2 untuk blogwalking dan melihat lihat konten lainnya di bkog ini.
    Dan buat teman2 bloger main2 juga ke blog saya jangan lupa tinggalkan komentar https://abdussyukkur.blogspot.com

    Terimakasih sebelumnya mas admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak meledak, untuk jaga-jaga pastikan semua saluran kran dibuka total dahulu dan didiamkan seharian.

      Delete
  2. Bang Bisa minta Skema Pemasangan kabel listriknya nya gak

    ReplyDelete
  3. Biar angin gak balik lagi ke kompresor pake apa bosku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah gak balik, sbb pada kompresor sebenarnya sudah ada katub anti baliknya. kalu mau lebih rapat ya bolehlah kita tambahkan lagi, tapi ya itu tadi jadi nambah juga biaya pengeluaran

      Delete
  4. PT. SEO ICON LOGISTIK , adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepada kepabean (PPJK). Baik via laut maupun Via udara yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance, Borongan (All in) Door To Door Undername Import - Export, Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional.

    PT.SEO ICON PASIFIK
    INTERNATIONAL FREIGHT FORWARDER


    Mr.Khairul Azman
    Executive import
    Hp/Wa. 081222613199
    Telp. 021-22986921
    Email. khairul.import@gmail.com

    Gedung Maribaya Lt.3
    Jl.Raya Otista No.141 Bidaracina Kampung Melayu Jatinegara – Jakarta Timur 1333

    ReplyDelete
  5. Mantap gan... Dapet ilmu baru dari sini...

    ReplyDelete
  6. Your Affiliate Profit Machine is waiting -

    And making money online using it is as easy as 1-2-3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products the system will promote
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate system explode your list and sell your affiliate products all by itself!

    Are you ready??

    Click here to launch the system

    ReplyDelete
  7. Kalau beli alat sambungan di matrial apa toko elektronik bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. toko material, atau toko diesel, toko mesin2 industri.

      Delete
  8. Ukuran sambungan nya yg di las ke tabung berapa in ?

    ReplyDelete
  9. Automaticnya sesuai dipakai yang berapa way bos?

    ReplyDelete
  10. Sambugan sambugan apa saja gan..?

    ReplyDelete
  11. Baut ukuran berapa untuk lubang yg di las di tabung freon.

    ReplyDelete