18 December 2016

RPP PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                   : SMKN ..........
Mata Pelajaran                  : PK 2 (PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA)
Program Keahlian            : TKR
Kelas                                   : XII
Materi Pokok                      :
·         Identifikasi roda dan ban serta sistem pemasangan
·         Pemeriksaan roda
·         Pemasangan ulang roda
·         Pemeriksaan ban
·         Pemasangan ulang ban
·         Balans roda dan ban
Pertemuan Ke                     : 1-8
Alokasi Waktu                    : 8 x 45 menit


A.    Kompetensi Inti

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1    Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2    Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia.
2.1.  Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan pengertian perawatan berkala  Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan.
2.2.  Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami filosofi sebuah perawatan dan perbaikan.
2.3.  Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah-langkah perawatan sesuai dengan SOP.

3.1.   Memahami unit Roda dan Ban
Indikator
3.1.1.   Menjelaskan fungsi, dan bagian-bagian Roda dan Ban
3.1.2.   Mengklasifikasikan macam-macam Roda dan Ban
3.1.3.   Menganalisa kerusakan /gangguan pada Roda dan Ban
3.1.4.   Menjelaskan mengenai balans roda dan ban
4.1.   Memelihara mekanisme Roda dan Ban
Indikator
4.1.1.   Melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban
4.1.2.   Memeriksa komponen Roda dan Ban
4.1.3.   Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
4.1.4.   Membalans roda dan ban
C.    Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan
1.   Melalui diskusi peserta didik menjelaskan fungsi, dan bagian-bagian pada Roda dan Ban secara santun, serius, dan menghargai orang lain.
2.   Melalui observasi peserta didik mengklasifikasikan tipe Roda dan Ban secara teliti, cermat, dan bertanggung jawab.
3.   Melalui simulasi peserta didik menganalisa kerusakan /gangguan sistem Roda dan Ban secara teliti, cermat, dan menghargai pendapat pihak lain.
4.   Melalui simulasi peserta didik menganalisa kerusakan /gangguan berkaitan mengenai balans Roda dan Ban secara teliti, cermat, dan menghargai pendapat pihak lain.

Keterampilan
1.   Melalui praktik peserta didik melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban sesuai prosedur, cermat, cepat, dan tertib.
2.   Melalui praktik peserta didik memeriksa sistem Roda dan Ban secara teliti dan konsisten.
3.   Melalui eksperimen peserta didik mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban secara teliti, cermat, cepat, tertib dan disiplin.
4.   Melalui eksperimen peserta didik mendiagnosa dan memperbaiki balans pada Roda dan Ban secara teliti, cermat, cepat, tertib dan disiplin.

D.    Materi Pembelajaran
Pengetahuan
1.   Fungsi dan dan bagian-bagian Roda dan Ban
2.   Macam-macam/type pada roda dan ban
3.   Kerusakan-kerusakan pada roda dan ban
4.   Balancing roda dan ban

Keterampilan
1.   Menyebutkan dan menunjukkan bagian-bagian dari roda dan ban
2.   Mengklasifikasikan macam-macam/type dari roda dan ban
3.   Mengamati kerusakan-kerusakan pada roda dan ban
4.   Melakukan balancing pada Roda dan Ban

E.    Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan                      : Saintifik
§  Model Pembelajaran          : Problem Based Learning
§  Metode                            : Paparan, diskusi, tanya jawab, praktik dan eksperimen

F.    Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
Alat                          : General tool set, socket set, dongkrak buaya dan botol, jack stand,kompresor udara, mesin pelepas ban otomatis dan manual, mesin balancing
Bahan                      : Majun, Roda (Pelek dan Ban) beban (balancer)
Media                       : Unit mobil, LCD projector, laptop, bahan tayang
Sumber belajar         : Buku manual servis kendaraan, buku kerja siswa, buku pegangan
  guru, internet, sumber lain yang relevan

G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
Merumuskan uraian masalah (Mengamati, Menanya)

Guru memberikan penjelasan mengenai fungsi dan bagian-bagian dari Roda dan Ban.
Peserta didik melalui indera dan mengamati bagian-bagian dari  Roda dan Ban.

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

Mengetes penyebab atau proses diagnosis (Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.   Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.   Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.   Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.   Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.   Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.   Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.   Siswa membersihkan ruang belajar
8.   Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit

Pertemuan II
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
Merumuskan uraian masalah (Mengamati, Menanya)

Guru memberikan studi kasus gangguan pada kendaraan yang disebabkan kerusakan sistem Roda dan Ban, meliputi: ban bocor, getaran-getaran, suara abnormal, ban kurang cocok pada jalan. baik.
Peserta didik melalui indera dan mengamati studi kasus gangguan pada kendaraan yang disebabkan kerusakan Roda dan Ban.

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

(Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.     Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.     Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.     Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.     Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.     Siswa membersihkan ruang belajar
8.     Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit

Pertemuan III
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya)

Guru memberikan contoh-contoh kerusakan fisik pada sistem Roda dan Ban
Peserta didik melalui indera dan mengamati  melakukan bongkar pasang Roda dan Ban.

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

(Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.     Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.     Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.     Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.     Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.     Siswa membersihkan ruang belajar
8.     Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit

Pertemuan IV
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya)

Guru memberikan contoh-contoh perbaikan dan penggantian pada Roda dan Ban
Peserta didik melalui indera dan mengamati  melakukan perbaikan dan penggantian Roda dan Ban.

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

(Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.     Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.     Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.     Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.     Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.     Siswa membersihkan ruang belajar
8.     Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit

Pertemuan V
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya)

Guru memberikan contoh-contoh melepas dan memasang Roda dan Ban menggunakan alat konvensional
Peserta didik melalui indera dan mengamati  melakukan pelepasan ban terhadap pelek.

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

(Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.     Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.     Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.     Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.     Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.     Siswa membersihkan ruang belajar
8.     Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit




Pertemuan VI
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya)

Guru memberikan contoh-contoh melepas dan memasang Roda dan Ban menggunakan alat modern/mesin pelepas roda
Peserta didik melalui indera dan mengamati  melakukan pelepasan ban terhadap pelek secara bergantian

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

(Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.     Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.     Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.     Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.     Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.     Siswa membersihkan ruang belajar
8.     Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit

Pertemuan VII
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya)

Guru memberikan contoh-contoh kerusakan berkaitan dengan balans Roda dan Ban
Peserta didik melalui indera dan mengamati  melakukan balancing Roda dan Ban.

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

(Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.     Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.     Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.     Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.     Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.     Siswa membersihkan ruang belajar
8.     Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit

Pertemuan VIII
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi, Motivasi dan Apersepsi

§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas siswa aktif dengan pendekatan saintifik

10 Menit
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya)

Guru memberikan studi kasus gangguan dan cara perbaikan pada kendaraan yang disebabkan kerusakan sistem Roda dan Ban berkaitan dengan balans roda dan ban.
Peserta didik melalui indera dan mengamati dan melakukan perbaikan pada Roda dan Ban berkaitan dengan balans roda, dengan cara membalans roda dan ban.

Guru memberikan elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa (apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.

(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah yang akan ditemukan.
Peserta didik secara kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan sumber belajar yang tersedia.

(Menalar)
Guru mengontrol dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi dan melakukan perbaikan terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.

(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi masalah.

Representasi peserta didik diharapkan dapat mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
245 Menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu
2.     Guru membantu peserta didik menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi salah paham
3.     Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
4.     Guru memberikan penilaian pengetahuan tes tertulis
5.     Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
6.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar secara aktif dan saintifik
7.     Siswa membersihkan ruang belajar
8.     Salah satu siswa memimpin doa penutup
15 Menit


1.   Penilaian Ranah Sikap
a. Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Siswa/ Kelompok
Disiplin
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















dst


















            b. Rubrik Penilaian
        Peserta didik memperoleh skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat
2 = jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat

     Indikator Penilaian Sikap
     Disiplin
a.    Tertib mengikuti instruksi
b.    Mengerjakan tugas tepat waktu
c.    Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.    Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.    Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.    Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.    Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.    Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a     Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b     Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c     Mengajukan usul pemecahan masalah.
d     Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.    Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.    Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.    Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.    Berperilaku sopan
     Nilai akhir sikap diperoleh dari modul (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.    Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.    Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.    Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.    Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

2.   Penilaian Ranah Pengetahuan
a. Kisi-kisi dan Soal
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.1  Memahami unit Roda dan Ban
3.1.1.   Menjelaskan fungsi, dan bagian-bagian Ban
3.1.2.   Mengklasifikasikan tipe Roda dan Ban
3.1.3.   Menganalisa kerusakan /gangguan sistem Roda dan Ban
1.     Siswa dapat menjelaskan fungsi, dan bagian-bagian Roda dan Ban
2.     Siswa dapat mengklasifikasikan tipe Roda dan Ban
3.     Siswa dapat menganalisa kerusakan /gangguan sistem Roda dan Ban
Tes tertulis
1.   Jelaskan apa fungsi Ban, dan sebutkan bagian-bagian dari Ban (dari gambar)
2.   Sebutkan tipe-tipe Roda dan Ban berdasarkan
3.   Analisalah gangguan apa yang mungkin terjadi pada kendaraan jika terjadi kerusakan komponen sebagai berikut:
§  Keausan ban
§  Roda tidak balans



  b. Opsi Kunci Jawaban

1. Fungsi ban dan bagian-bagian Ban
Ban berfungsi meredam kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan permukaan jalan dan mencegah kejutan ini berpindah ke body.




2.  Tipe Roda dan Ban :
a.   Berdasarkan konstruksinya
1)   ban bias
2)   radial
b.   Berdasarkan ada tidaknya ban dalam
1)    Tube type (ban dengan ban dalam)
2)    Tubeless (tanpa ban dalam).

3.  Analisa gangguan Roda dan Ban antara lain:
a)    Keausan ban digolongkan menjadi dua, yaitu keausan karena umur pemakaian dan keausan yang tidak wajar.  Tread yang aus secara merata merupakan keausan yang wajar yang terjadi karena umur pemakaian ban. Apabila tanda indikator keausan pada tread sudah terlihat, ban perlu diganti baru.
b)    Roda dan ban harus balance (seimbang) agar tidak terjadi getaran atau untuk meminimalkan penggunaan ban, komponen suspensi dan stir. Saat roda berputar, terjadi gaya sentrifugal pada tiap bagian roda dan ban dimana sejumlah gaya tertarik keluar dari ban. Gaya ini semakin menguat saat rotasi roda semakin cepat


c. Instrumen dan Rubrik Penilaian (terlampir)

No
Nama Siswa / Kelompok
Skor setiap nomor soal
Nilai
No. 1
No. 2
No. 3
No. 4
No. 5

























Indikator penilaian pengetahuan:

1.   Fungsi, komponen Ban
a)  Fungsi, dan bagian-bagian beserta fungsi dijawab benar  (skor 4)
b)  Fungsi, sebagian  bagian-bagian dijawab benar (skor 3)
c)   Fungsi, sebagian  bagian-bagian dan terbalik (skor 2)
d)  Sebagian fungsi, dan sebagian  bagian-bagian (skor 1)

2.       Tipe-tipe Roda dan Ban
a)  2 tipe berdasarkan konstruksi dan 2 tipe berdasarkan penggunaan ban dalam/tidak dijawab benar (skor 4)
b)  1 tipe berdasarkan konstruksi dan 2 tipe berdasarkan penggunaan ban dalam/tidak dijawab benar (skor 3)
c)   1 tipe berdasarkan konstruksi dan 1 tipe berdasarkan penggunaan ban dalam/tidak dijawab benar (skor 2)
d)  1 tipe berdasarkan konstruksi dan 0 tipe berdasarkan penggunaan ban dalam/tidak dijawab benar  (atau sebalikny) (skor 1)

3.       Analisa gangguan Roda dan Ban
a)  4 analisa gangguan dijawab benar (skor 4)
b)  3 analisa gangguan dijawab benar (skor 3)
c)   2 analisa gangguan dijawab benar (skor 2)
d)  1 analisa gangguan dijawab benar (skor 1)

Rumus Pengolahan Nilai Pengetahuan :

                    Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                                      X 4 = .............
                       Jumlah skor maksimal


3.   Penilaian Ranah Keterampilan
Instrumen dan Rubrik Penilaian Keterampilan (terlampir)
No
Nama Siswa/Kelompok
Melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban
Memeriksa komponen Roda dan Ban
Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













2













dst














Rubrik Penilaian:
Peserta didik mendapat skor:
4 = jika empat indikator dilakukan
3 = jika tiga indikator dilakukan
2 = jika dua indikator dilakukan
1 = jika satu indikator dilakukan

Indikator penilaian keterampilan
1)   Melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban
a.   Pekerjaan dilakukan sesuai langkah kerja yang benar
b.   Pekerjaan dilakukan sesuai prosedur K3 yang benar
c.   Pekerjaan dilakukan dengan penggunaan peralatan yang benar
d.   Pekerjaan dilakukan dengan hasil yang benar
2)   Memeriksa komponen Roda dan Ban
a.   Pekerjaan dilakukan sesuai langkah kerja yang benar
b.   Pekerjaan dilakukan sesuai prosedur K3 yang benar
c.   Pekerjaan dilakukan dengan penggunaan peralatan yang benar
d.   Pekerjaan dilakukan dengan hasil yang benar
3)   Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
a.   Pekerjaan dilakukan sesuai langkah kerja yang benar
b.   Pekerjaan dilakukan sesuai prosedur K3 yang benar
c.   Pekerjaan dilakukan dengan penggunaan peralatan yang benar
d.   Pekerjaan dilakukan dengan hasil yang benar






Pengolahan nilai KD-Keterampilan
Aspek/Indikator
Tes ke
Skor
Keterangan
Melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban
1


2


menyebutkan bagian-bagian Roda dan Ban
1


2


Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
1


2


Nilai KD-Keterampilan ditentukan berdasarkan skor rerata optimum (nilai tertinggi) dari aspek (indicator pencapaian kompetensi) yang dinilai






Mengetahui,                                                               Blitar, 2 Juli 2016
Kepala SMK NEGERI ..........                                           Guru Mapel,



......................................                                         ............................
NIP...........                                                               NIP.

1 comment:

  1. According to Stanford Medical, It's really the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh on average 19 KG lighter than we do.

    (And really, it is not about genetics or some secret-exercise and EVERYTHING around "HOW" they are eating.)

    BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...

    TAP on this link to see if this brief quiz can help you unlock your real weight loss potential

    ReplyDelete