RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMKN ..........
Mata Pelajaran : PK 2 (PEMELIHARAAN
SASIS DAN PEMINDAH TENAGA)
Program Keahlian : TKR
Kelas : XII
Materi Pokok :
·
Identifikasi
roda dan
ban serta sistem pemasangan
·
Pemeriksaan roda
·
Pemasangan ulang roda
·
Pemeriksaan ban
·
Pemasangan ulang ban
·
Balans roda dan ban
Pertemuan Ke : 1-8
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Lingkungan
hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga
kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2 Pengembangan
dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak
dan mencemari lingkungan, alam dan manusia.
2.1. Menunjukkan
sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan pengertian perawatan
berkala Pemeliharaan Sasis dan Pemindah
Tenaga Kendaraan Ringan.
2.2. Menunjukkan
sikap cermat dan teliti dalam memahami filosofi sebuah perawatan dan perbaikan.
2.3. Menunjukkan
sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah-langkah perawatan
sesuai dengan SOP.
3.1. Memahami unit Roda dan Ban
Indikator
3.1.1.
Menjelaskan fungsi,
dan bagian-bagian Roda dan Ban
3.1.2.
Mengklasifikasikan macam-macam
Roda dan Ban
3.1.3. Menganalisa kerusakan /gangguan pada Roda dan Ban
3.1.4. Menjelaskan mengenai balans roda dan ban
4.1. Memelihara mekanisme Roda dan Ban
Indikator
4.1.1. Melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban
4.1.2. Memeriksa komponen Roda dan Ban
4.1.3. Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
4.1.4. Membalans roda dan ban
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pengetahuan
1. Melalui diskusi peserta didik menjelaskan fungsi, dan bagian-bagian
pada Roda dan Ban secara santun, serius, dan menghargai orang lain.
2. Melalui observasi peserta didik mengklasifikasikan
tipe Roda dan Ban secara teliti, cermat, dan bertanggung jawab.
3. Melalui simulasi peserta didik menganalisa kerusakan
/gangguan sistem Roda dan Ban secara teliti, cermat, dan menghargai pendapat
pihak lain.
4. Melalui simulasi peserta didik menganalisa kerusakan
/gangguan berkaitan mengenai balans Roda dan Ban secara teliti, cermat, dan
menghargai pendapat pihak lain.
Keterampilan
1. Melalui praktik peserta didik melaksanakan overhaul
sistem Roda dan Ban sesuai prosedur, cermat, cepat, dan tertib.
2. Melalui praktik peserta didik memeriksa sistem Roda
dan Ban secara teliti dan konsisten.
3. Melalui eksperimen peserta didik mendiagnosa dan memperbaiki
sistem Roda dan Ban secara teliti, cermat, cepat, tertib dan disiplin.
4. Melalui eksperimen peserta didik mendiagnosa dan
memperbaiki balans pada Roda dan Ban secara teliti, cermat, cepat, tertib dan
disiplin.
D.
Materi
Pembelajaran
Pengetahuan
1. Fungsi dan dan bagian-bagian Roda dan Ban
2. Macam-macam/type pada roda dan ban
3. Kerusakan-kerusakan pada roda dan ban
4. Balancing roda dan ban
Keterampilan
1. Menyebutkan dan menunjukkan bagian-bagian dari roda
dan ban
2. Mengklasifikasikan macam-macam/type dari roda dan ban
3. Mengamati kerusakan-kerusakan pada roda dan ban
4. Melakukan balancing pada Roda dan Ban
E.
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan :
Saintifik
§ Model Pembelajaran :
Problem Based Learning
§ Metode :
Paparan, diskusi, tanya jawab, praktik dan eksperimen
F.
Alat,
Bahan, Media, dan Sumber Belajar
Alat : General tool set, socket set, dongkrak
buaya dan botol, jack stand,kompresor udara, mesin pelepas ban otomatis dan
manual, mesin balancing
Bahan : Majun, Roda (Pelek dan Ban) beban
(balancer)
Media : Unit mobil, LCD projector, laptop,
bahan tayang
Sumber belajar :
Buku manual servis kendaraan, buku kerja siswa, buku pegangan
guru, internet, sumber lain yang relevan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh terhadap
kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan
kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Merumuskan uraian masalah (Mengamati, Menanya)
Guru memberikan penjelasan
mengenai fungsi dan bagian-bagian dari Roda dan Ban.
Peserta didik melalui
indera dan mengamati bagian-bagian dari Roda dan Ban.
Guru memberikan elaborasi
penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat mengajukan
berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa harus
dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak pertanyaan
yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
Mengetes penyebab atau proses diagnosis (Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah
melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan II
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan
kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Merumuskan uraian masalah (Mengamati, Menanya)
Guru memberikan
studi kasus gangguan pada kendaraan yang disebabkan kerusakan sistem Roda dan
Ban, meliputi: ban bocor, getaran-getaran, suara abnormal, ban kurang cocok
pada jalan. baik.
Peserta didik melalui
indera dan mengamati studi kasus gangguan pada kendaraan yang disebabkan
kerusakan Roda dan Ban.
Guru memberikan
elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat
mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa
harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak
pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
(Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah
melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
4. Guru memberikan penilaian pengetahuan tes
tertulis
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan III
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan
kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati, Menanya)
Guru memberikan contoh-contoh
kerusakan fisik pada sistem Roda dan Ban
Peserta didik melalui
indera dan mengamati melakukan bongkar
pasang Roda dan Ban.
Guru memberikan
elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat
mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa
harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak
pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
(Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah
melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
4. Guru memberikan penilaian pengetahuan tes
tertulis
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan IV
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan
kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati, Menanya)
Guru memberikan
contoh-contoh perbaikan dan penggantian pada Roda dan Ban
Peserta didik melalui
indera dan mengamati melakukan perbaikan
dan penggantian Roda dan Ban.
Guru memberikan
elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat
mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa
harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak
pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
(Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah
melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
4. Guru memberikan penilaian pengetahuan tes
tertulis
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan V
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan
kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati, Menanya)
Guru memberikan
contoh-contoh melepas dan memasang Roda dan Ban menggunakan alat konvensional
Peserta didik melalui
indera dan mengamati melakukan
pelepasan ban terhadap pelek.
Guru memberikan
elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat
mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa
harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak
pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
(Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah
melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
4. Guru memberikan penilaian pengetahuan tes
tertulis
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan VI
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan
kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati, Menanya)
Guru memberikan
contoh-contoh melepas dan memasang Roda dan Ban menggunakan alat modern/mesin
pelepas roda
Peserta didik melalui
indera dan mengamati melakukan
pelepasan ban terhadap pelek secara bergantian
Guru memberikan
elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat
mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa
harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak
pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
(Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah
melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
4. Guru memberikan penilaian pengetahuan tes
tertulis
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan VII
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan
kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati, Menanya)
Guru memberikan
contoh-contoh kerusakan berkaitan dengan balans Roda dan Ban
Peserta didik melalui
indera dan mengamati melakukan balancing
Roda dan Ban.
Guru memberikan
elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat
mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa
harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak
pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
(Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi terhadap masalah
melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
4. Guru memberikan penilaian pengetahuan tes
tertulis
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan VIII
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi,
Motivasi dan Apersepsi
§ Salah satu siswa memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
§ Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan saat ini
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa:
Siswa menyimak kasus-kasus gangguan Roda dan Ban yang berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan
§ Guru menjelaskan manfaat penguasaan kompetensi
§ Guru menjelaskan cara belajar / aktifitas
siswa aktif dengan pendekatan saintifik
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati, Menanya)
Guru memberikan
studi kasus gangguan dan cara perbaikan pada kendaraan yang disebabkan
kerusakan sistem Roda dan Ban berkaitan dengan balans roda dan ban.
Peserta didik melalui
indera dan mengamati dan melakukan perbaikan pada Roda dan Ban berkaitan
dengan balans roda, dengan cara membalans roda dan ban.
Guru memberikan
elaborasi penyebab gangguan dan analisa gangguan sehingga siswa dapat
mengajukan berbagai pertanyaan dari studi kasus yang telah diamati. Siswa
harus dibangkitkan keberaniannya untuk bertanya, meskipun masih banyak
pertanyaan yang belum baik.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari peristiwa yang telah diamati. Selanjutnya pertanyaan siswa
(apa, bagaimana, mengapa) diklasifikasikan.
(Mengumpulkan informasi)
Guru mendorong dan
memfasilitasi kerja kelompok siswa, untuk mengeksplorasi informasi dari
berbagai sumber termasuk permintaan siswa kepada guru untuk memberikan
masukan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan alternatif solusi masalah
yang akan ditemukan.
Peserta didik secara
kelompok menggali berbagai informasi dengan memanfaatkan media, internet dan
sumber belajar yang tersedia.
(Menalar)
Guru mengontrol
dan mengarahkan kemampuan menalar siswa terkait dengan tujuan pembelajaran.
Peserta didik secara
kelompok melakukan konsolidasi untuk menemukan solusi dan melakukan perbaikan
terhadap masalah melalui membaca, diskusi, dan meminta penjelasan guru.
(Mengkomunikasikan)
Guru memfasilitasi
siswa untuk mengecek atau mengevaluasi pengetahuan serta hasil solusi
masalah.
Representasi peserta didik diharapkan dapat
mengkomunikasikan dan menunjukkan hasil yang telah diperoleh, memberi umpan
balik proses pembelajaran dan saran perbaikan.
|
245 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi,
dan tindak lanjut
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu
2. Guru membantu peserta didik menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
salah paham
3. Peserta didik menyimpulkan materi di bawah
bimbingan guru
4. Guru memberikan penilaian pengetahuan tes
tertulis
5. Guru memberi tugas tindak lanjut untuk
pertemuan selanjutnya
6.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
secara aktif dan saintifik
7.
Siswa
membersihkan ruang belajar
8.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
1.
Penilaian
Ranah
Sikap
a. Instrumen
dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa/
Kelompok
|
Disiplin
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
dst
|
b.
Rubrik Penilaian
Peserta didik memperoleh skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat
2 = jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat
Indikator Penilaian Sikap
Disiplin
a. Tertib mengikuti instruksi
b. Mengerjakan tugas tepat waktu
c. Tidak melakukan kegiatan yang tidak
diminta
d. Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak
kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
c.
Tidak
mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan
sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung
Jawab
a Pelaksanaan tugas piket
secara teratur.
b Peran serta aktif dalam
kegiatan diskusi kelompok
c Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara
ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang
tidak menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang
bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modul (skor yang paling sering
muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a.
Sangat baik jika memperoleh
nilai akhir 4
b.
Baik jika memperoleh nilai akhir
3
c.
Cukup jika memperoleh nilai
akhir 2
d.
Kurang jika memperoleh nilai
akhir 1
2.
Penilaian
Ranah
Pengetahuan
a. Kisi-kisi
dan Soal
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
3.1 Memahami unit
Roda dan Ban
|
3.1.1.
Menjelaskan
fungsi, dan bagian-bagian Ban
3.1.2.
Mengklasifikasikan
tipe Roda dan Ban
3.1.3.
Menganalisa
kerusakan /gangguan sistem Roda dan Ban
|
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi, dan bagian-bagian Roda
dan Ban
2. Siswa dapat mengklasifikasikan tipe Roda dan Ban
3. Siswa dapat menganalisa kerusakan /gangguan sistem Roda
dan Ban
|
Tes tertulis
|
1.
Jelaskan apa
fungsi Ban, dan sebutkan bagian-bagian dari Ban (dari gambar)
2. Sebutkan tipe-tipe Roda dan Ban berdasarkan
3. Analisalah gangguan apa yang mungkin terjadi pada
kendaraan jika terjadi kerusakan komponen sebagai berikut:
§ Keausan ban
§ Roda tidak balans
|
b. Opsi Kunci Jawaban
1. Fungsi ban dan bagian-bagian Ban
Ban berfungsi meredam kejutan-kejutan yang ditimbulkan
oleh keadaan permukaan jalan dan mencegah kejutan ini berpindah ke body.
2. Tipe Roda
dan Ban :
a.
Berdasarkan konstruksinya
1) ban bias
2) radial
b.
Berdasarkan ada tidaknya ban
dalam
1) Tube type (ban dengan ban dalam)
2)
Tubeless (tanpa
ban dalam).
3. Analisa
gangguan Roda dan Ban antara lain:
a) Keausan
ban digolongkan menjadi dua, yaitu keausan
karena umur pemakaian dan keausan yang tidak wajar. Tread yang aus secara merata merupakan
keausan yang wajar yang terjadi karena umur pemakaian ban. Apabila tanda indikator keausan pada tread sudah terlihat, ban perlu
diganti baru.
b)
Roda dan ban harus balance (seimbang) agar
tidak terjadi getaran atau untuk meminimalkan penggunaan ban, komponen
suspensi dan stir. Saat roda
berputar, terjadi gaya sentrifugal pada tiap bagian roda dan ban dimana
sejumlah gaya tertarik keluar dari ban. Gaya ini semakin menguat saat rotasi
roda semakin cepat
|
c. Instrumen dan Rubrik
Penilaian (terlampir)
No
|
Nama Siswa / Kelompok
|
Skor setiap nomor soal
|
Nilai
|
||||
No. 1
|
No. 2
|
No. 3
|
No. 4
|
No. 5
|
|||
Indikator penilaian pengetahuan:
1.
Fungsi, komponen Ban
a)
Fungsi, dan bagian-bagian beserta fungsi dijawab
benar (skor 4)
b)
Fungsi, sebagian bagian-bagian dijawab benar (skor 3)
c)
Fungsi, sebagian bagian-bagian dan terbalik (skor 2)
d)
Sebagian fungsi, dan sebagian bagian-bagian (skor 1)
2.
Tipe-tipe Roda dan Ban
a)
2 tipe berdasarkan konstruksi dan 2 tipe berdasarkan penggunaan
ban dalam/tidak dijawab benar (skor 4)
b)
1 tipe berdasarkan konstruksi dan 2 tipe berdasarkan penggunaan
ban dalam/tidak dijawab benar (skor 3)
c)
1 tipe berdasarkan konstruksi dan 1 tipe berdasarkan penggunaan
ban dalam/tidak dijawab benar (skor 2)
d)
1 tipe berdasarkan konstruksi dan 0 tipe berdasarkan penggunaan
ban dalam/tidak dijawab benar (atau
sebalikny) (skor 1)
3.
Analisa gangguan Roda dan Ban
a)
4 analisa gangguan dijawab benar (skor 4)
b)
3 analisa gangguan dijawab benar (skor 3)
c)
2 analisa gangguan dijawab benar (skor 2)
d)
1 analisa gangguan dijawab benar (skor 1)
Rumus Pengolahan Nilai Pengetahuan :
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
= X 4
= .............
Jumlah skor
maksimal
3.
Penilaian
Ranah
Keterampilan
Instrumen
dan Rubrik Penilaian Keterampilan (terlampir)
No
|
Nama
Siswa/Kelompok
|
Melaksanakan
overhaul sistem Roda dan Ban
|
Memeriksa komponen
Roda dan Ban
|
Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
dst
|
Rubrik Penilaian:
Peserta didik
mendapat skor:
4 = jika empat indikator dilakukan
3 =
jika tiga indikator dilakukan
2 =
jika dua indikator dilakukan
1 =
jika satu indikator dilakukan
Indikator
penilaian keterampilan
1) Melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban
a. Pekerjaan dilakukan sesuai langkah kerja yang benar
b. Pekerjaan dilakukan sesuai prosedur K3 yang benar
c. Pekerjaan dilakukan dengan penggunaan peralatan yang
benar
d. Pekerjaan dilakukan dengan hasil yang benar
2) Memeriksa komponen Roda dan Ban
a. Pekerjaan dilakukan sesuai langkah kerja yang benar
b. Pekerjaan dilakukan sesuai prosedur K3 yang benar
c. Pekerjaan dilakukan dengan penggunaan peralatan yang
benar
d. Pekerjaan dilakukan dengan hasil yang benar
3) Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
a. Pekerjaan dilakukan sesuai langkah kerja yang benar
b. Pekerjaan dilakukan sesuai prosedur K3 yang benar
c. Pekerjaan dilakukan dengan penggunaan peralatan yang
benar
d. Pekerjaan dilakukan dengan hasil yang benar
Pengolahan
nilai KD-Keterampilan
Aspek/Indikator
|
Tes ke
|
Skor
|
Keterangan
|
Melaksanakan overhaul sistem Roda dan Ban
|
1
|
||
2
|
|||
menyebutkan bagian-bagian Roda dan Ban
|
1
|
||
2
|
|||
Mendiagnosa dan memperbaiki sistem Roda dan Ban
|
1
|
||
2
|
|||
Nilai KD-Keterampilan ditentukan berdasarkan skor rerata optimum
(nilai tertinggi) dari aspek (indicator pencapaian kompetensi) yang dinilai
|
Mengetahui, Blitar, 2 Juli 2016
Kepala SMK NEGERI .......... Guru Mapel,
...................................... ............................
NIP........... NIP.
According to Stanford Medical, It's really the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh on average 19 KG lighter than we do.
ReplyDelete(And really, it is not about genetics or some secret-exercise and EVERYTHING around "HOW" they are eating.)
BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...
TAP on this link to see if this brief quiz can help you unlock your real weight loss potential