RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Keterampilan Las
Kelas : X (sepuluh)
Materi : Las Busur Manual
Waktu : 12 x 45 menit
Semester : Gasal Tahun : 2007-2008
· Standar Kompetensi :
Siswa dapat menerapkan teknik
pengelasan busur manual melalui pengamatan dan proses latihan secara intensif.
· Indikator :
1.
Menjelaskan pengertian las busur manual.
2.
Mengidentifikasi peralatan las busur
manual dengan benar.
3.
Menjelaskan fungsi peralatan las busur
manual dengan benar.
4.
Mengidentifikasi bagian-bagian elektrode
las dengan benar.
5.
Menjelaskan fungsi bagian-bagian elektrode
las dengan benar.
6.
Menguraikan simbol elektrode dengan benar.
7.
Menerapkan prosedur pengelasan busur
manual dengan benar.
8.
Mengidentifikasi macam-macam sambungan dan
kampuh las.
9.
Menggambarkan bentuk-bentuk sambungan dan
kampuh las.
10. Menerapkan teknik persiapan pengelasan busur manual.
· Kompetensi Dasar
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian las
busur manual dengan benar.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi peralatan las
busur manual dengan benar.
3.
Siswa dapat menjelaskan fungsi peralatan
las busur manual dengan benar.
4.
Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian
elektrode las dengan benar.
5.
Siswa dapat menjelaskan fungsi
bagian-bagian elektrode las dengan benar.
6.
Siswa dapat menguraikan simbol elektrode
dengan benar.
7.
Siswa dapat menerapkan prosedur pengelasan
busur manual dengan benar.
8.
Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
sambungan dan kampuh las.
9.
Siswa dapat menggambarkan bentuk-bentuk
sambungan dan kampuh las.
10. Siswa dapat menerapkan teknik persiapan pengelasan
busur manual.
· Ringkasan Materi :
1. Peralatan las busur manual
a.
Pengertian las busur manual.
b. Busur
las
c.
Peralatan utama las busur manual
d.
Peralatan bantu las busur manual
2. Elektrode dan prosedur
pengelasan
a.
Elektrode dan bagian-bagiannya
b. Fungsi
elektrode
c. Ukuran
elektrode
d. Simbol
elektrode
e.
Pemilihan elektrode
f.
Pengaturan arus
g. Prosedur pengelasan
3. Persiapan las
a.
Benruk-bentuk sambungan dan bentuk kampuh las
b. Teknik
pembuatan persiapan las
c. Posisi
pengelasan
· Media Pembelajaran :
1.
Buku las busur manual
2.
Peralatan utama las busur manual
3.
Peralatan bantu las busur manual
4. Elektrode
· Metode / Strategi Pembelajaran :
1.
Tanya Jawab
2.
Demonstrasi
3.
Penugasan
· Skenario Pembelajaran :
Uraian Materi
|
Alokasi Waktu
|
Siswa
dan guru telah membawa buku Las Busur Listrik (MAW). Guru membuka pelajaran
dengan salam. Berdo’a dilanjutkan tanya jawab(apersepsi) tentang masalah
konstruksi las, bagaimana membuat konstruksi ?
|
Menit
ke 0 – 10
|
Pengertian
las busur manual dan busur las listrik
|
Menit
ke 11 – 20
|
Peralatan
utama las busur manual mendekat pada peralatan las, menjelaskan pengertian
dan fungsinya
|
Menit
ke 21 – 50
|
Peralatan
bantu dan keselamatan kerja las busur manual, mendekat pada peralatan las,
menjelaskan pengertian dan fungsinya
|
Menit
ke 51 – 100
|
Identifikasi
bagian, fungsi bagian dan keseluruhan elektrode
|
Menit
ke 101 – 145
|
Pemilihan
elektrode dan pengaturan arus pada las busur manual
|
Menit
ke 146 – 160
|
Prosedur
pengelasan awal
|
Menit
ke 161 – 200
|
Teknik
dasar pengelasan yang meliputi penyalaan, titik awal busur, kecepatan
pengelasan, mematikan busur dan menyambung rigi-rigi las disertai demontrasi
penerapannya. Kemudian siswa mengikuti satu per satu latihan prosedur
pengelasan dengan cermat
|
Menit
ke 201 – 450
|
Evaluasi
hasil latihan prosedur pengelasan
|
Menit
ke 451 – 470
|
Bentuk-bentuk
sambungan dan kampuh las disertai contoh benda hasil las
|
Menit
ke 471 – 500
|
Posisi
pengelasan pada pelat dan pipa
|
Menit
ke 501 – 515
|
Post
test
|
Menit
ke 516 – 540
|
·
Jenis Tagihan : Ulangan harian
·
Bentuk Instrumen : Uraian singkat
·
Instrumen :
1.
Sebutkan peralatan utama las busur manual
dan peralatan bantu las busur manual serta fungsinya.
2.
Gambarkan bagian-bagian elektrode.
3.
Sebutkan fungsi salutan dalam elektrode.
4.
Bagaimanakah cara pengaturan arus dalam
las busur manual?
No comments:
Post a Comment