Hijet 55 Original |
Pengalaman punya mobil sendiri diawali dari mobil yang saya anggap bukan jelek, tapi antik. yaitu hijet 55. Mobil yang sudah 2 tahun ini ndongkrok alias gak pernah dipakai. Kondisinya sangat memprihatinkan, kap bagian atas sudah lumutan, jok mobil penuh bulu kucing (biasanya buat tidur kucing) kaca buram, ban kempes semua, rem gak bisa, presneling error, mesin otomatis mati……Heheh…
Pagi itu, minta tolong ke saudara untuk narik mobil dari bagasi tempat pemilik lama, rencana mau dibawa pulang. Pertama-tama bawa kompresor dari rumah langsung buat mompa keempat ban mobil, alkhamdulillah setelah sekian lama keempat ban mobil tersebut masih gak bocor, wihhh langkah pertama sukses..kedua langsung aja kita dorong keluar dari bagasi, eh kendalanya mobil ngambek gak mau keluar keempat ban macet ternyata rumah rem dipenuhi sama laceng (tawon madu yang kecil-kecil warna hitam) wah susah juga bersihin semuanya soalnya lengket banget pless malamnya (rumah laceng) mau dibukak juga sulit. Tapi akhirnya dipaksa-paksa mau juga muter meski harus terjadi pemukulan-pemukulan keras pada rumah rem termasuk di siram pakek air. Akhirnya bisa dibawa pulang juga nih mobil…..
Sampai dirumah pertama kali yang harus dilakukan adalah menyalakan mesin, pinjam aki di mobil saudara, terus distarter..ribuan kali (biar tambah serem aja) sambil di siram ni karburator dengan bensin. Brummmm….brummm….brumm…..hore…nyala juga nih mesin, ternyata untuk mesinnya uenak…lancar gak da masalah.
Langkah kedua mobil dicuci….wah….satu polesan saja dengan sampo mobil lumut langsung rontok, kaca jadi bening….siiip jadi tambah bersemangat merawat mobil nih. Mobil kinclong, meski dah dua tahun mobil gak dipakai. tambah polesan sedikit Kit (obat oles) mobil tambah kinclong….
Ketiga, memperbaiki rem dan roda-roda. pertama bersihkan pelek dari tawon laceng (hehe…panen madu) susah banget ternyata mau membuaka pelek aja, soalnya lengket dan dipeneuhi rumah laceng….yang penting jalan dulu…..
Keempat dicobak dulu…eh jalan, gak nyangka bisa jalan juga mobil antik tua ini setelah sekian lama bertapa…..jalan udah oke, rem kadang-kadang gak bisa alias ngocok dulu baru bisa ngerem. Kresneling oke, kecuali kresneling empat yang klo jalan harus megangin terus kalau nggak, bisa-bisa pindah gigi otomatis (biasa disebut presneling nglepeh)….Bongkar pasang sendiri (soalnya gak punya dana buat bawa kebengkel hehe) sehari bisa tiga kali naik turunin transmisi soalnya gak jadi-jadi….akhirnya nyerah juga aku bawa juga ke bengkel (hehe..gak ngatasi) dua hari udah selesai dari bengkel aku cobak, eh ternyata belum bisa, aku balikin lagi kebengkel, dua hari lagi eh tetep aja gak bisa lagi. setelah dari bengkel kepaksa harus aku ambil, nyampek rumah langsung aja aku turunin lagi..eh ternyata akhirnya selesai sudah aku selesaiin sendiri…. untuk lebih detailnya cara memperbaiki transmisi/presneling yang suka gonta-ganti gigi sendiri bisa dibaca pada postingan berikutnya…
Kelima memperbaiki rem yang masih kadang-kadang blong.. yang saya lakukan kembali lagi seperti langkah keempat, dicobak dulu di bongkar sendiri klo gak bisa ya di bawa kebengkel (maklum usaha ngirit). pengennya aku bongkar sendiri sih supaya bisa komponen yang rusah diakalin biar gak dikit-dikit ganti, alhasil tetep aja gak bisa, akhirnya kembali lagi di bawa ke bengkel (tetep aja ceritanya hehe..) nyampek bengkel ternyata kesimpulannya ya harus ganti komponen beli master rem bawah….yah kalau gitu ya sama aja, aku juga bisa…….
Dan yang keenam nyampek terakhir, hampir tiap hari aku memperbaiki didkit-dikit yang gak bisa aku jelasin semua, soalnnya bisa-bisa aku nulis bisa setebal kamus, yah hasilnya rumayan dan puas…..hasilnya rumayan dari yang kendaraan matitotal sampai layak pakai dan aman tentunya. (ples laku jual….Rumayan)…..udah dulu ya…semoga bermanfaat buat yang lagi mbangun mobil antik….yang penting jangan menyerah, mending dicobak diperbaiki sendiri dulu biar ngirit biaya, kalau terpaksa gak bisa ya dibawa kebengkel aja…..hehe…ok
Iseng-iseng Hijet 55 kalau dimodif kira-kira kayak gini |
Did you know there is a 12 word phrase you can communicate to your crush... that will trigger deep feelings of love and impulsive attractiveness for you buried inside his heart?
ReplyDeleteThat's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, treasure and guard you with all his heart...
12 Words That Fuel A Man's Desire Response
This impulse is so built-in to a man's mind that it will drive him to try better than before to do his best at looking after your relationship.
As a matter of fact, fueling this dominant impulse is so essential to having the best possible relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...
...You will instantly find him expose his heart and soul to you in a way he never experienced before and he will identify you as the only woman in the world who has ever truly interested him.