Rakitan utuh |
awal mula yang bisa dirasakan bila boster rem bermasalah adalah.... waktu menginjak rem rasanya terasa berat dan tidak pakem. akhirnya mau tidak mau saya gunakan andalan saya yaitu jurus kepepet, nekat bongkar sendiri.. Soalnya mau dibawa ke bengkel kawatir biaya banyak ( sebenarnya gak punya duit...hehe..). Perkiraan saya adalah karet membrannya bocor, tapi kesimpulan itu tidak langsung saya pakai, tapi perlu tahapan-tahapan tertentu untuk membuktikannya. untuk membuktikannya saya menggunakan beberapa langkah yang mungkin bisa rekan-rekan terapkan.
Langkah yang saya kerjakan saat itu adalah
- pertama yang saya cek adalah perubahan stasioner pada mesin, kalau karet membrannya bocor/sobek biasanya stasioner mesin/ rpmnya jadi naik. kepunyaan saya stasioner naik jadi kemungkinan bocor/ sobek.
- kedua saya cek kevakuman dari manivol yang menuju booster ada apa tidak, jadi caranya melepas slang yang menancap pada tabung boster, bisa dicabut atau dilepas dulu klemnya. kalau ada kevakuman berarti slang atau komponen tidak buntu. ada kevakuman tapi tidak bisa menghisap karet membran berarti kemungkinan sobek.
Bagian ini terpasang slang vakum |
- ketiga cek apa ada kebocoran, baik dari slang vakum ataupun pada tabung boster, biasanya ditandai dengan suara ngeses...punya saya ngesesnya ada pada bosternya jadi kemungkinan sobek pada karetnya ada.
tidak usah lama-lama langsung saja saya ambilkan peralatan yang dibutuhkan...(Bongkar.........)
pertama lepas master rem yang menempel pada tabung boster
Kita lepas dulu master rem supaya tidak mengganggu |
Ni jadinya kalau sudah dilepas jadi tinggal tabung bosternya saja |
Hati-hati saat mencongkel jangan sampai mengenai bagian karet membran |
kebetulan punya saya ada dua kerusakanv/sobek. nah itu dia ketemu jga akhirnya masalahnya. karet membran yang sobek menyebabkan membran tidak bisa tertarik atau tidak bisa tersedot oleh manifol, sehingga saat diinjang tidak ada bantuan tarikan dari kevakuman manifol.
Robek bisa menyebabkan kevakuman bocor |
alat dan bahnnya
- siapkan jarum jahit dan benang jahit, merek terserah yang penting pakai yang kecil saja
- lem alteco atau lem G. lem favorit saya ini
ini bagian lain yang sudah saya tambal |
langkah terakhir pasang seluruh komponen berurutan kebalikan dari cara melepas...
nah sekarang kalau sudah terpasang silahkan lakukan test drive....pelan-pelan saja dulu dan hati hati....
wkwkwk......akhirnya jadi juga nih rem mobilku. biaya murah, bahan mudah didapat dan tentunya hasilnya nih istimewa....akal-akalan tapi sukses. Selamat mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat buat rekan-rekan semua, kalau ada masukan bolehlah dikomentari biar makin siip.
No comments:
Post a Comment