21 October 2011

mobil mogok akibat carburator mobil sering mlotor

Punya mobil tapi, awalnya bila di stater pagi hari sebenarnya sih gampang banget dan lancar, tapi setelah nyala selang gak begitu lama kok ya tiba-tiba mesin mati, langsung aja cobak saya stater lagi ternyata udah dicobak berkali-kali gak juga nyala-nyala, pikiran pusing....kemudian akhirnya saya cek kondisi kendaraan....busi baru, accu gak masalah, pengapian aman, kunci kontak aman juga,bensin oke. Udah dibawa kebengkel mana aja awalnya oke tapi setiap kali pagi hari/ saat mobil berhenti dalam jangka waktu cukup lama disetater selalu aja seperti itu. Setelah saya cek terakhir ternyata kondisi karburator mlotor alias bensin keluar dari mulut filter udara....akhirnya setelah beberapa tahapan perbaikan ternyata kesimpulannya semua itu diakibatkan oleh karburator yang bermasalah, karena sering mlotor tersebut. sebab ceritanya seperti ini kok bisa menyebabkan mogok atau mobil sulit distater. Awalnya bensin dipompakan oleh pompa bensin dari dalam tangki, kemudian saluran bensin yang terpompa tersebut masuk kedalam carburator, didalam karburator terdapat ruangan penampungan yang dikendalikan oleh pelampung saat ruang tersebut penuh otomatis pelampung akan naik dan ventilator akan menutup saluran. Dan bensin yang terus terpompa tersebut otomatis bila ventilator karburator tertutup akan berarah ke saluran atau slang pengembali, yang artinya ruangan tersebuttidak akan meluber yang menjadikan masuk kedalam manifol ataupun keluar melalui filter udara.jadi kesimpulannya didalam sistem pengisian bahan bakar ada sistem balik dari pada bahan bakar yang tentunya wajib kita perhatikan. untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini!



Post a Comment