17 April 2013

ASAP KENALPOT

 Warna asap yang keluar dari kenalpot merupakan petunjuk baik tidaknya proses pembakaran bahan bakar mesin. Ada empat warna asap kenalpot yang dapat dijadikan petunjuk baik tidaknya proses pembakaran dalam mesin, yaitu:

1. Warna Asap Hitam
Warna asaap hitam pada mesin diesel merupakan sesuatu yang wajar. Namun, warna asap hitam pada mesin bensin merupakan pertanda adanya pembakaran yang tidak sempurna karena kelebihan bensin pada campuran gas dan bensinnya. Ukuran standar yang
digunakan sebagai pembanding warna asap dikatakan hitam atau normal adalah asap mesin pada kondisi normal.

2. Warna Asap Putih
asap mesin 2 tak yang normal berwarna putih. berbeda dengan mesin 4 tak, jika asap mesin 4 tak berwarna putih berarti terdapat kerusakan atau gangguan pada mesin tersebut. Warna putih disebabkan dari oli yang terbakar. Pada mesin 2 tak, memang oli terbakar bersama bensin. Namun pada mesin 4 tak, oli tidak terbakar, kecuali terdapat kebocoran oli dari karter ke ruang bakar. jadi silahkan dicek deh...

3. Asap Tak Berwarna
Asap mesin 4 tak yang baik adalah yang tidak berwarna. Warna asap seperti ini menandakan campuran gas normal, tidak berlebihan bensin, tidak bercampur dengan oli, dan tidak kekurangan bensin.

4. Asap Kenalpot Berjelaga
Jelaga pada asap mesin, baik itu mesin 2 tak ataupun mesin 4 tak, disebabkan adanya kandungan minyak tanah atau tercampur zat lain di dalam bensin. Jika asap yang dihasilkan berjelaga, bunyi mesin pasti tidak normsal (kasar) dan elektroda businya hitam.

No comments:

Post a Comment