08 February 2013

PERISTILAHAN / GLOSSARY (BATERAI / ACCU)


PERISTILAHAN / GLOSSARY (BATERAI / ACCU)



Ampere Hour Capacity adalah banyaknya arus pada baterai yang diisi penuh dapat menyediakan arus selama 20 jam pada 27 derajat Celsius, tanpa penurunan teganngan tiap sel dibawah 1.75 volt 


Baterai adalah dua atau lebih sel elektrik yang dihubungkan, biasanya secara  seri,  dan  bekerja  serempak  sebagai  satu  unit  sumber tenaga. 


Alat Pengisian  Baterai (Battery Charger) Salah  satu  alat  dalam bengkel yang dipergunakan untuk memperbaharui energy dalam baterai dengan cara mengalirkan arus ke dalam baterai dengan arah berlawanan dari saat dipakai. 


Cold Cranking Current (CCA) adalah arus (dalam ampere) dari baterai yang diisi penuh sehingga dapat memberikan arus untuk 30 detik pada 18 derajat Celsius selama itu tetap menjaga tegangan setiap sel 1.2 volt atau lebih. 



Circuit adalah rangkaian jalur konduktor tertutup yang dapat dialiri arus 


Reaksi Kimia adalah perubahan yang terjadi pada pplat positif dan negatif dalam larutan elektrolit yang menghasilkan energi listrik pada saat baterai mendapatkan beban pengeluaran arus listrik. 


Pengaliran arus  (Discharge) adalah saat baterai mengalirkan arus listrik keluar dari baterai 


Elektrolit pada baterai otomotif adalah larutan antara asam sulfat dan air 


Hydrometer alat dengan penampung yang dipakai untuk menentukan spesifikasi  grafitasi  larutan  elektrolit  pada  baterai,  ini  akan menentukan seberapa besar pengisian yang harus dilakukan.


Sambungan Parallel cara untuk menggabungkan dua atau lebih baterai untuk   mendapatkan beda potensial yang sama setelah menghubungkannya 


Plat adalah lempengan logam dengan paduan lead oxida, acam sulfat dan air,  ditempatkan  didalam  baterai,  biasanya  jumlah  plat  negatif satu lebih banyak daripada plat positif. 


Baterai  Primer  adalah  tipe  baterai  yang dapat  disimpan  dan menghasilkan energi listrik, tetapi tidak dapat diisi kembali



Kepadatan Relatif (Relative  Density)  adalah  rasio  massa  antara larutan yang dibandingan dengan volume air



Reserve Capacity adalah kapasitas layanan adalah banyaknya waktu dalam menit pada baterai yang diisi penuh dapat memberikan arus sebesar  25 ampere pada  27 derajat Clsius setelah sistim pengisian dilepas. 


Baterai Sekunder adalah Baterai yang dapat disimpan dan menyalurkan energi listrik  dan  dapat  diisi  kembali  dengan memberikan arus dengan arah berlawanan pada saat baterai mengalirkan arusnya. 


Separator adalah pembatas antara plat positif dan negatif tetapi yang memungkin aliran ion dapat melewatinya. 


Sambungan seri adalah cara menggabungkan dua atau lebih yang dapat menyediakan satu jalur tunggal arus keluaran.


Voltage adalah nilai tegangan listrik yang dilambangkan dengan Volt

No comments:

Post a Comment