24 February 2013

KOMPONEN SISTEM HIDROLIK


1. Unit Tenaga (Power Pack)
Unit tenaga atau power pack berfungsi sebagai pembangkit aliran yaitu mengalirkan cairan fluida ke seluruh komponen sistem hidrolik untuk  mentransfer tenaga yang diberikan oleh penggerak mula.
Unit tenaga terdiri atas :
·         1. Penggerak mula (Primemover) yang berupa motor listrik atau motor bakar. Penggerak mula menghasilkan tenaga mekanik berupa putaran poros, yaitu dari hasil pengubahan tenaga listrik atau tenaga panas menjadi tenaga mekanik.
·          2. Pompa hidrolik berfungsi
mengalirkan cairan hidrolik ke seluruh sistem. Poros pompa hidrolik disambung (dikopel) dengan poros penggerak mula,sehingga begitu penggerak mula berputar maka pompa hidrolik pun berputar. Putaran pompa ini akan menyebabkan terjadinya penyedotan cairan dari tangki hidrolik dan penekanan cairan ke saluran tekan.
·         3. Tangki hidrolik yang fungsi utamanya adalah menampung atau menjadi wadah cairan hidrolik.
·         4. Kelengkapan unit tenaga yang membantu unit ini bekerja dengan baik.

2. Unit Pengatur (Control elements)
Unit pengatur atau unit pengendali atau control elements merupakan bagian yang menjadikan sistem hidrolik termasuk sistem otomasi. Mengapa demikian, karena unit ini akan mengatur atau mengendalikan hasil kerja atau output dari sistem hidrolik sehingga baik gerakan, kecepatan, urutan gerak, arah gerakan maupun kekuatannya dapat diatur secara otomatis. Dengan unit pengatur ini sistem hidrolik dapat didesain untuk berbagai macam tujuan otomatisasi dalam suatu mesin industri, sehingga dapat dikatakan bahwa macam-macam penggunaan sistem kontrol hidrolik sangat luas dan hanya dibatasi oleh daya kreatifitas perancangnya. Unit pengatur ini biasanya diwujudkan dalam bentuk katup (valve) yang menurut fungsinya  dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu : 
a. Katup pengarah (Directional control valve).
b. Katup pengatur tekanan (Pressure regulator).
c. Katup pengatur aliran (Flow control valve).

3. Unit Penggerak (Aktuator) 
Unit penggerak hidrolik berfungsi untuk mengubah tenaga fluida ( tenaga yang ditransfer oleh fluida) menjadi tenaga mekanik berupa gerakan lurus ataupun gerakan putar.
Penggerak hidrolik dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:    
1. Penggerak lurus (Linear actuator): 
    Silinder kerja tunggal 
    Silinder kerja ganda. 
2.  Penggerak putar (Rotary actuator):
          Motor hidrolik.
          Penggerak putar terbatas (Limited rotary actuator).

No comments:

Post a Comment